Konsep Rumah Kayu Minimalis

Konsep Rumah Kayu Minimalis yang Unik dan Cantik!!

Konsep Rumah Kayu Minimalis – Mempunyai rumah dengan dasar kayu memanglah merupakan idaman tiap orang yang tinggal di wilayah tropis. Material kayu yang selaku bahan dasar dapat memberikan kesan yang menyejukkan ke dalam rumah. Nah, bagaimana jikalau bahan kayu bercampur dengan desain rumah minimalis?

Pada dasarnya, desain rumah kayu minimalis ada beberapa karakter khusus yang membedakannya dengan desain bangunan rumah yang lain.

Seperti mempunyai bentuk massa bangunan yang simpel serta datar disertai dengan jendela-jendela rumah yang berukuran lebar. Konsep ruang terbuka (open plan) juga ialah konsep interior yang umum diterapkan pada rumah kayu minimalis.

Ciri-ciri rumah kayu minimalis bisa ditemukan pada kelima desain berikut ini, meski masing-masing ada karakter arsitektural yang berbeda serta khas. Ayo, langsung saja amati semacam apa keunikan desainnya!

Konsep Rumah Kayu Minimalis yang Unik dan Cantik!!

  1. Desain rumah kayu minimalis berdinding miring

Konsep Rumah Kayu Minimalis

Rumah kayu minimalis ini ialah sebuah tempat singgah buat berlibur. Keunikan desain rumah kayu minimalis ini dapat langsung ditemukan lewat kedua bagian dinding luarnya yang miring (slanted walls), maka memperlihatkan struktur bangunan yang rendah serta melebar.

Memakai lanskap area pedalaman yang asri, sebagian dari rumah kayu minimalis ini pun desainnya dibuat terbuka. Bukaan ini berfungsi selaku ventilasi rumah jalan masuknya alami serta udara bersih pedesaan. Selain terdiri dari rumah utama, ada fasilitas rekreatif di luar rumah seperti kolam renang dan kebun pada rumah kayu ini.

Tidak hanya kayu, material alam yang lain semacam batu alam ekspos pula selaku penyusun massa bangunan rumah minimalis ini. Nuansa kayu terasa semakin hangat dengan diterapkannya pencahayaan lampu berwarna kuning.

Baca Juga:  Desain Rumah Ukuran 6x15 Inspirasi Rumah Mewah!

  1. Desain rumah kayu minimalis dari kayu aras

Desain rumah kayu minimalis yang satu ini menggunakan kayu aras selaku material penting buat massa gedungnya. Menariknya, desain kerusakan rumah minimalis ini tampak semacam buatan balik rumah akibat desainnya yang tertutup.

Di bagian belakang bangunan tampak model teras rumah terbuka yang panjangnya mengikuti siku bangunan yang bebrbetuk L. Untuk menciptakan interaksi langsung dengan alam, bagian balik rumah kayu dirancang langsung menghadap ke arah halaman.

Namun pada bagian interior, pernah dilakukan finishing pada permukaan dinding kayu aras, sehingga teksturnya terlihat lebih halus. Konsep ruang terbuka pada interior rumah diusung buat sebuah tata ruang yang fleksibel. Keseimbangan dari bangunan rumah kayu minimalis ini diperoleh dari ketersediaan pencahayaan alami yang cukup.

  1. Desain rumah kayu minimalis dari variasi triplek

Konsep Rumah Kayu Minimalis

Sekilas, rumah kayu minimalis ini seperti tersusun dari kayu asli, padahal penampakan kayu yang terlihat berasal dari triplek bekas yang disusun untuk melapisi bagian luar rumah.

Teknik daur ulang (upcycling) ini diseleksi si arsitek selain buat menghemat budget sekaligus untuk bereksperimen. Terbukti, variasi triplek yang digunakan bisa memberikan aksen unik bagi rumah kayu ini.

Bila pada eksterior rumah kayu minimalis triplek berwarna gelap lebih mendominasi, maka panel-panel triplek berwarna terang dipasang pada interiornya. Warna triplek kemudian diselarakan dengan perpaduan warna putih dan coklat yang berasal dari cat dinding dan furnitur kayu asli yang tertata di rumah kayu minimalis ini.

  1. Desain rumah kayu minimalis dengan konsep double-skin

Pada rumah kayu minimalis ini, material kayu dipasang hanya pada kulit luar banguna nnya saja. Bagian dalam rumah tertata dari meterial sekunder, yaitu tembok semen. Hal ini membuat rumah kayu ada kulit bangunan yang cukup tebal.

Baca Juga:  Ventilasi Rumah Minimalis, Sirkulasi Udara Makin Lancar

Di antara kedua kulit inipun dibuat sebuah sistem insulasi (sirkulasi udara) dan waterproofing. Kayu-kayu pun harus dipasang berjarak agar ada celah kecil antar susunannya. Kedua hal ini diterapkan guna mencegah kayu menyusut ataupun berubah bentuk.

  1. Desain rumah kayu minimalis bernuansa kayu hitam

Konsep Rumah Kayu Minimalis

Kayu berwarna hitam ialah karakteristik utama rumah kayu minimalis. Terletak di dataran tinggi, rumah kayu bergaya minimalis ini dibagi kedalam dua unit bangunan yang berbeda.

Bangunan yang terletak pada kontur permukaan yang lebih atas digunakan untuk area aktif, seperti ruang keluarga serta dapur, sedangkan bangunan rumah minimalis yang lebih sedikit digunakan untuk kamar tidur.

Eksterior rumah kayu minimalis yang berwarna hitam juga ikut dibawa ke dalam interior rumah yang serba gelap pula. Dengan furnitur berona senada, warna gelap seterusnya dipadukan dengan warna kayu yang lebih kontras. Sebagian dinding  di dalam rumah kayu ini dilapisi oleh kayu yang berwarna lebih terang.

Sesudah membaca karangan di dengan, telah tahu desain rumah kayu minimalis mana yang jadi favoritmu? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share serta baca artikel menarik lainnya di dinasti arsitek, ya!