Kelebihan Rumah Baja, Kelebihan Rumah Beton, Kelebihan Kekurangan Baja Dan Beton, Apa Saja Kelebihan Konstruksi Dari Bahan Baja, Kelebihan Dan Kekurangan Beton, Perbandingan Struktur Baja Dengan Struktur Beton, Kekurangan Baja Untuk Konstruksi Bangunan, Pengertian Baja, Rumah Murah, Rumah Baja, Desain Rumah Murah, Rumah Minimalis, Desain Rumah, Desain Rumah Modern, Desain Rumah Kecil, Desain Rumah Sederhana, Konstruksi Baja, Desain Rumah Lengkap Dengan Ukurannya

Kelebihan Kekurangan Rumah Baja Dan Rumah Beton

Kali ini kami akan membahas, perbedaan antara rumah baja dengan rumah beton. Disini kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan struktur penyusun antara rumah baja dengan rumah beton.

Oke, kita akan bandingkan rumah baja deng rumah beton dari segi ilmu konstruksi, bangunan rumah akan menerima beberapa gaya, ada 5 gaya antara lain gaya tekan, gaya tarik, gaya geser, gaya puntir dan gaya tekuk.

Rumah baja dengan rumah beton mempunyai kelebihan dan kekurangan di masing-masing gaya tersebut, untuk gaya tekan beton lebih unggul dibanding dengan baja.

Gaya tarik baja lebih unggul dibanding beton, gaya geser baja lebih unggul dari beton, gaya puntir baja lebih unggul dari beton, gaya tekuk beton lebih unggul dibanding baja.

Kelebihan dan kekurangan kami mulai dari baja kelebihan:

  1. Baja memiliki kuat tarik yang tinggi
  2. Tidak dimakan rayap
  3. Hampir tidak memiliki perbedaan nilai muai dan susut
  4. Dibandingkan dengan beton, baja lebih ringan dan lebih lentur, jadi saat ada kondisi gempa baja lebih unggul.

Kekurangan baja :

  1. Korosi /berkarat
  2. Tidak tahan terhadap temperatur suhu panas, yang akan merubah bentuk struktur baja beton lebih unggul terhadap baja, pada saat menerima suhu tinggi, baja akan berubah bentuk.

Tapi tidak untuk beton kelebihan beton :

  1. Mampu menerima gaya tekan dibandingkan dengan baja
  2. Tahan terhadap korosi
  3. Tahan terhadap suhu dengan temperatur tinggi.

Kekurangan beton,  beton akan menyusut dan mengembang jika terjadi perubahan suhu, walaupun beton sudah rigid atau sudah matang dalam proses pembentukan beton. Itu salah satu yg menyebabkan rumah beton gerak karena mengalami penyusutan yang menyebabkan keretakan pada bagian rumah.

Kalau dibandingkan baja sendiri buatan pabrik jadi nilai mutu dan kekuatan nya sendiri sudah teruji melalui mile sertifikat yg dikeluarkan oleh pabrikan baja. Sedangkan beton bertulang dibentuk sendiri dimana nilai dari kualitasnya dinilai dari pembesian yang baik serta mutu cor beton yang harus terstandart.

Baca Juga:  Syarat IMB Rumah Tinggal Untuk Mengurus Pembangunan!

Kualitas pekerjaan baja dinilai dari bahan baja yang SNI dan kualitas welding pada struktur konstruksi. Sedangkan kualitas pekerjaan beton dinilai dari pembesian apakah sudah sesuai standart pekerja, setelah itu mutu cor beton sendiri apakah sudah sesuai dengan yg dikehendaki kesalahan atau kelalaian yang sering terjadi di konstruksi beton, mutu beton yg tidak sesuai standart. Hal ini akan mengakibatkan mutu bangunan sendiri akan buruk.

Sekian untuk penjelasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan struktur baja dengan beton di review selanjutnya saya akan bahas biaya pembuatan rumah dengan menggunakan struktur baja dengan beton, mana yang lebih murah.