Inspirasi Desain Gorden Bambu Ini Bikin Rumah Tambah Unik

Inspirasi Desain Gorden Bambu – Bambu selalu sama dengan nuansa perdesaan yang asri dan damai. Nuansa itu dapat dicicipi di tengah-tengah perkotaan. Tidak cuma dengan menanam tanaman bambu di pelataran rumah saja, material bambu bisa juga digunakan sebagai peralatan rumah tangga seperti gorden bambu.

Perannya sama dengan gorden dari kain, yaitu sebagai penghalau matahari. Tetapi, pemakaian gorden bambu dilandasi oleh karakter unggulnya. Selainnya tangkai bambu gampang dibelah, karakternya lentur hingga gampang dibuat, disulam, ditekuk, dan maksimal saat meredam beban.

Dari sisi harga murah dan penampilannya mempunyai nilai estetik tertentu, gorden bambu pas untuk rumah berpenampilan tradisionil maupun kekinian. Ini karena opsi mode dan warna yang opsinya bermacam. Berminat untuk memakainya? Baca dahulu beberapa mode gorden bambu berikut!

Inspirasi Desain Gorden Bambu Ini Bikin Rumah Tambah Unik

 

1. Gorden bambu gulung
Mode gorden bambu gulung semacam ini ialah yang umum. Bambu dibelah-belah sampai tipis, seperti tongkat kayu dengan diameter kecil.

Tongkat-tongkat bambu ini diatur berjejer dan digabungkan dengan diikat memakai tali. Jarak antara ikatan tali dibikin sekitaran 20-30 cm agar tempatnya tidak gampang berubah. Berat yang enteng membuat dapat digulung secara mudah lewat cara manual. Umumnya, gorden bambu ini ditaruh pada tempat teras.

Inspirasi Desain Gorden Bambu

Gorden bambu mode gulung ini ada dalam bermacam warna. Ada yang warna cokelat alami bambu, ada pula yang dicat dengan warna putih atau hitam. Macam warna ini membuat pas untuk rumah kekinian minimalis.

2. Gorden dari anyaman bambu
Bambu mempunyai karakter yang lentur hingga dapat disulam secara mudah. Misalnya seperti gorden bambu yang disulam ini.

Tingkat kerapatannya tinggi sekali hingga pas dipakai pada jendela kamar yang memerlukan privacy. Cahaya matahari akan terhalau karena nyaris tidak ada sela antara anyamannya.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Model Hunian Mewah

3. Gorden bambu geser
Apa semua gorden bambu cuman dapat digulung ke atas untuk membuka? Tidak juga. Ada gorden bambu yang dapat dibuka dengan digeser, seperti mode tirai secara umum.

Inspirasi Desain Gorden Bambu

Mode gorden ini memakai material bambu yang telah dibelah-belah sampai benar-benar tipis. Selanjutnya dijahit dengan kain dan dibikin lipatan-lipatan kecil. Mode yang ini dapat digunakan sebagai sheer curtain karena tipis dan memungkinkannya cahaya matahari untuk menyinari ruang.

4. Gorden bambu dengan anyaman tali
Gorden bambu akan makin estetik kembali saat tali diikatkan dengan skema tertentu. Paling simpel ialah skema tiga ikatan semacam ini. Ada pula yang talinya dikepang atau memakai dua warna, selanjutnya diselang-seling.

Yang tali ikatannya dibikin dalam jarak bersisihan ada juga. Hasilnya terlihat seperti potongan kecil bambu yang digabungkan. Detail tali pengikat ini kecil dan tidak kelihatan dari jarak jauh, tetapi sanggup memberi nilai seni tertentu.

5. Gorden bambu yang dipadankan dengan kain
Untuk penampilan yang lebih kekinian, kamu dapat memadankan bermacam mode gorden bambu dengan kain memiliki motif polos. Misalkan gorden dari bambu warna cokelat dengan kain linen warna krem.

Juga bisa memadankan gorden bambu warna cokelat tua dengan valance atau gorden kain pada bagian atas yang warna biru. Valance bermanfaat untuk tutupi tiang tempat menggantung tirai jendela.

Seperti apakah juga mode gorden bambu yang kamu tentukan untuk menepis cahaya matahari di dalam rumah, yakinkan untuk menjaganya agar tahan lama. Minimal membersihkan gorden dari debu tiap satu minggu sekali.

Alat yang diperlukan cuman kemoceng atau lap tipis agar dapat mencapai celah-celahnya. Jika kesusahan, silahkan rendam gorden bambu di di air tanpa detergent. Diamkan debu terangkut sendirinya, kemudian keringkan.