8 Tips Bikin Rumah Jadi Sehat dan Nyaman

8 Tips Bikin Rumah Jadi Sehat dan Nyaman

8 Tips Bikin Rumah – Selain nyaman, rumah harus sehat dan membuat semua orang bebas dari gangguan kesehatan. Hal seperti ini sudah menjadi perhatian banyak orang, mengingat kesehatan merupakan satu-satunya aset paling berharga dalam kehidupan ini.

Namun, untuk mewujudkan dan mempunyai rumah yang nyaman dan sehat, tak jarang orang mengetahuinya. Anda tak usah khawatir, karena kami telah merangkum dari berbagai sumber mengenai berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan rumah tinggal yang nyaman dan sehat. Simak ulasannya berikut ini!

8 Tips Bikin Rumah Jadi Sehat dan Nyaman

 

1. Hindari material berbahan zat kimia berbahaya
Saat Anda ingin membangun rumah atau bahkan melakukan perbaikan pada beberapa bagian, pastikan Anda hanya menggunakan bahan material yang aman dan ramah lingkungan.

Jangan menggunakan material yang mengandung zat kimia berbahaya, sebab hal ini bisa menimbulkan penyakit dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.Beberapa contoh material yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti: thinner, peralatan berbahan PVC, beberapa jenis cat, dan yang lainnya.

2. Atur pencahayaan alami di area rumah
Rumah yang sehat dan nyaman tentunya harus mempunyai pantulan cahaya matahari yang sangat cukup, bahkan untuk semua area di dalamnya. Pencahayaan alami inilah yang membuat ruangan di dalam rumah Anda lebih hangat dan kering, sehingga tidak terasa lembab dan pengap.

8 Tips Bikin Rumah Jadi Sehat dan Nyaman

Kondisi ini akan mencegah jamur pada material,ruangan dan berbagai bakteri lainnya berkembang. Selain itu, gunakan cahaya lampu yang menerangi dalam rumah dan di setiap ruangan, agar aktifitas bisa berjalan dengan nyaman dan kesehatan mata tetap terjaga.

3. Siapkan ventilasi dan atur sirkulasi udara
Udara di dalam rumah harus terus berganti, agar Anda dan seluruh keluarga bisa hidup sehat meskipun di dalam ruangan dan rumah. Udara yang alami membuat rumah lebih nyaman dan tidak terasa pengap.

Baca Juga:  Ukuran Rumah Type 45: Desain Rumah Minimalis

8 Tips Bikin Rumah Jadi Sehat dan Nyaman

Anda juga bisa mengatur sirkulasi udara dengan membuat ventilasi yang tepat sejak awal pembangunan rumah. Hal seperti ini bisa Anda atur dengan membuat beberapa jendela, mengatur sirkulasi udara di area dapur, ruang tamu atau ruang keluarga dan ruangan yang lainnya.

4. Jangan biarkan hama hidup
Hama menjadi salah satu faktor penyakit yang harus Anda hindari di area rumah. Serangga, rayap, kecoa, tikus dan yang lainnya adalah jenis hama yang paling sering menjadi masalah besar di rumah.

Ada banyak sekali masalah yang bisa ditimbulkan oleh hama di rumah Anda, contohnya: kerusakan di beberapa bagian rumah, bau menyengat, kotoran hama, dan yang lainnya. Semua ini tentunya sangat mengganggu dan bisa menimbulkan penyakit.

5. Pakai material yang mudah dibersihkan
Agar kebersihan rumah selalu terjaga, pastikan Anda menggunakan beberapa perabotan rumah dengan material yang mudah dibersihkan. Ini akan menghemat waktu dan tenaga. Anda juga bisa membersihkan berbagai peralatan dan area rumah dengan lebih mudah.

8 Tips Bikin Rumah Jadi Sehat dan Nyaman

6. Kelola sampah dan limbah dengan baik
Anda juga perlu mengatur Tempat sampah dan limbah rumah tangga Anda dengan baik, termasuk sampah yang diproduksi setiap harinya. Hal seperti ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, dimulai dari mengatur saluran pembuangan air di rumah Anda.

Mengelola sampah di rumah Anda dengan cara yang tepat, agar tidak bau dan membuat polusi udara di rumah Anda.

7. Atur sistem air bersih dengan baik
Jangan lupa untuk memberikan sistem air bersih di rumah Anda. Apabila Anda menggunakan air ledeng, maka pastikan semua kran sudah dipasangi sistem penyaringan yang sesuai dengan standar.

Hal ini akan menjamin air di rumah Anda sudah layak untuk dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai kebutuhan di rumah Anda.

Baca Juga:  Desain Rumah 4 Kamar Tidur 1 Mushola yang Fungsional

8. Rencanakan dengan Matang
Apabila Anda termasuk orang yang ingin mempunyai rumah idaman yang sangat memperhatikan kenyamanan dan kesehatan, pastikan Anda merencanakan sejak awal dengan matang.

Mulailah mengaplikasikan berbagai material yang aman bagi kesehatan, merawat kebersihan secara rutin dan sebagainya. Jagalah kebersihan dan kenyamanan rumah Anda sepanjang waktu, supaya semua anggota keluarga sehat.