Tips Menciptakan Taman Minimalis

Tips Menciptakan Taman Minimalis di Halaman Rumah

Tips Menciptakan Taman Minimalis – Siapa sih yang tak ingin memiliki taman cantik di rumah? Bayangkan jika duduk santai sambil menyeruput kopi di sore hari dan ditemani oleh pemandangan hijau, dengan alunan musik di taman, pasti sangat menyenangkan, bukan?

Tak perlu cemas dan bingung jika Anda mempunyai halaman yang sempit. Soalnya, taman minimalis bisa menjadi solusi yang tepat. Memang, mendesain sebuah taman di halaman sempit memang menantang, namun hal ini dapat menjadi keunggulan dibanding taman besar seperti pada umumnya.

Karena areanya yang sangat terbatas, biaya taman minimalispun cukup minim. Selain itu, Anda bisa menambah kesejukan di dalam rumah, lho.

Tips Menciptakan Taman Minimalis di Halaman Rumah

1. Manfaatkan Sisa Space di Samping Rumah

Tips Menciptakan Taman Minimalis

Rumah minimalis biasanya berdiri di atas lahan yang sempit. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan sisa space. Coba Anda tengok halaman kecil yang ada di samping dapur atau ruang keluarga. Jika ada sisa ruang, Anda bisa menyulap jadi taman mungil dan cantik.

 

2. Buat Taman Minimalis di Balkon

Masih tentang pemanfaatan pada space, Anda bisa membuat taman di balkon lantai dua atau lantai tiga dihunianmu. Memang, salah satu karakteristik rumah minimalis ialah arsitekturnya yang tidak melebar melainkan meninggi ke atas.

Daripada balkon lantai atas dibiarkan menganggur, Anda dapat mengubahnya menjadi taman kecil. Cukup letakkan beberapa pot dengan mengelilingi balkon, kemudian, tambahkan kursi ayun di sudut balkon, seperti gambar berikut ini.

 

3. Manfaatkan Teras Rumah

Tips Menciptakan Taman Minimalis

Supaya area taman tampak lebih lega dan luas, Anda dapat mendesain taman seperti yang satu ini. Kuncinya adalah meletakkan lantai kayu pada bagian atas teras rumah. Lalu, tambahkan kursi taman dengan warna gelap, seperti inspirasi di bawah ini.

Baca Juga:  Ide Taman Minimalis di Lahan Terbatas!

4. Siasati dengan Penempatan Pot Semen Minimalis

Menanam tumbuhan langsung pada tanah di halaman terkadang dapat menimbulkan kesan yang berantakan. Untuk itu, letakkan beberapa tanaman secara berderet di dalam pot semen minimalis untuk menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia. Jadinya, taman terlihat lebih luas.

 

5. Taman Imut di Sudut Teras

Tips Menciptakan Taman Minimalis

Lahan yang sempit bukan jadi alasan untuk sebuah taman minimalis. Anda juga bisa memanfaatkan area sudut teras rumah dan mengubahnya menjadi sebuah taman dengan bunga warna-warni. Meskipun minim, taman ini tetap bisa menambah kesegaran di rumah, lho.

 

6. Taman Minimalis di Tangga Teras

Tak jarang bagian utama pada rumah dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan bagian teras dan halamannya. Nah, Anda bisa memanfaatkan area tangga sebagai taman kecil yang menawan, seperti gambar di bawah ini.

 

7. Padukan dengan Kerikil dan Bebatuan

Tips Menciptakan Taman Minimalis

Penempatan tanaman yang berlebihan bisa memberikan kesan yang berantakan. Oleh sebab itu, Anda harus mengatur komposisi taman supaya tampak pas dengan halaman yang tersedia. Salah satu trik dengan menambahkan kerikil dan bebatuan agar terlihat lebih estetik.

 

8. Tambahkan Elemen Air

Di tengah kepadatan kehidupan perkotaan, suara gemericik air yang alami dapat membangkitkan ketenangan pikiran dan jiwa. Oleh sebab itu, menambahkan kolam dan air mancur kecil dapat memberikan makna lebih pada taman minimalis pada hunian.

 

9. Jadikan Taman Fungsional

Tips Menciptakan Taman Minimalis

Konsep dasar minimalis adalah mengkonsep kesederhaan dan mengutamakan fungsi. Agar taman dengan grass bed menjadi contoh konsep taman minimalis fungsional. Anda bisa bersantai di kasur alami yang terbuat dari rumput, tanpa menambahkan kursi santai.

Itulah beberapa desain taman minimalis yang bisa Anda terapkan di halaman rumah Anda. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda ya.

Baca Juga:  Inspirasi Taman Minimalis Modern: Keindahan di Ruang Terbatas

Untuk Anda yang ingin bekerjasama dengan jasa desain rumah profesional. Anda bisa langsung hubungi Nawa Karya Studio. Bangun rumah impianmu bersama kami!