Inspirasi Desain Jendela

Inspirasi Desain Jendela Untuk Pencahayaan Rumah Maksimal!!

Inspirasi Desain Jendela – Jendela sebagai instrumen pelengkap rumah. Nyaris setiap rumah tentu memiliki pintu dan jendela untuk membuka ruang sirkulasi udara.

Selain untuk lajur keluar masuk udara, jendela memiliki fungsi sebagai penyedia suplai sinar dan pencahayaan di dalam ruangan. Dengan semua jenis fungsi, adakalanya jendela mempunyai design khusus bergantung dari bentuk rumah, kegunaan, dan situasi di luar atau dalam ruangan.

Untuk memberikan gambaran berkenaan kegunaan jendela yang sesuaikan keadaan, berikut ide desain jendela untuk mengoptimalkan pencahayaan di rumah Anda!

Inspirasi Desain Jendela Untuk Pencahayaan Rumah Maksimal!!

  1. Jendela Casement

Inspirasi Desain Jendela

Jendela ini mempunyai bentuk satu atau dua buah daun jendela. Jendela ini lebih banyak ditemukan di negara tropis yang lembab seperti Indonesia.

Bentuknya kotak atau persegi panjang dan arahnya buka keluar. Jendela ini banyak ditemukan di Indonesia karena selainnya bentuknya sederhana, desain dari jendelanya juga compact.

Angin tetap dapat masuk melalui engsel dan celah antara bingkai dan daun jendela hingga suhu di dalam ruangan tidak lembab. Hingga, jendela ini pas untuk desain jendela rumah tropis.

  1. Jendela Attic

Attic ialah ide dari pemanfaatan ruang rumah di sisi miring atap rumah. Umumnya ruangan itu disebut loteng rumah.

Jendela Attic merupakan jendela yang ada di segi miring atap rumah untuk menerangi ruangan. Jendela menghadap langsung ke langit hingga pencahayaan yang didapat bentuknya sangat maksimal.

  1. Bay Window

Inspirasi Desain Jendela

Apakah Anda pernah melihat film berlatar sejarah Eropa? Di rumah gaya victoria, terutama ruang tengah umumnya memiliki satu segi yang melengkung keluar.

Sisi itu dilengkapi desain jendela rumah yang besar hingga bisa dijadikan spot untuk membaca buku atau menyaksikan pemandangan luas. Ukuran jendela biasanya berukuran sedang dan ke arah pemandangan pekarangan rumah.

Baca Juga:  Inspirasi Ruang Tamu Kecil Anti Sempit

  1. Jendela Pintu

Bila Anda tipe orang yang cukup berhati-hati, maka jendela pintu dapat membantu kekhawatiran Anda. Jendela pintu ialah jendela yang terletak berada di samping pintu utama rumah.

Perannya untuk menyaksikan tamu yang datang dan mengetuk pintu sebelum Anda buka pintu. Disamping itu, jendela pintu dapat memberi penerangan di dareh pintu yang biasanya cukup gelap.

  1. Jendela Besar

Inspirasi Desain Jendela

Rumah yang berukuran sedang dan besar biasanya mempunyai ruang yang kelihatan hampa dan tidak bernyawa. Ada jendela besar dapat menghidupkan ruang dengan pemandangan di luar ruangan.

Jendela ini memiliki ukuran besar tetapi rata-rata masih tersisa beberapa cm dinding pada bagian bawah atau atas jendela. Jendela besar bisa juga bermanfaat untuk ruang yang kecil. Tujuannya untuk memberi ilusi jika ruang kelihatan semakin besar.

Tetapi perlu diingat, ‘besar’ dapat memiliki banyak ukuran bergantung ruangan. Akan lebih baik bila ukuran disesuaikan dengan sisi ruangan, besar kecil tempat, dan pemandangan di luar ruangan.

  1. Jendela Ventilasi

Jendela ventilasi ialah jendela berukuran kecil yang ada di sepanjang garis atap rumah. Jendela ventilasi dapat berupa bentuk kotak persegi, bulat, oval atau persegi panjang disesuaikan dengan ide rumah.

Yang terpenting dari jendela sirkulasi adalah terletak ada dibagian teratas sisi dinding rumah. Biasanya jendela ventilasi tidak dapat dibuka atau bentuknya cuma terdiri dari bingkai dan kaca.

  1. Jendela dinding

Inspirasi Desain Jendela

Ada banyak ide rumah yang mulai mengandalkan energi-energi alam. Rumah dengan ide eco-friendly umumnya menerapkan banyak langkah untuk memaksimalkan energi di sekitar, terhitung sinar matahari. Jendela dinding bisa membantu manfaatkan sinar matahari secara maksimal.

Jendela dinding ialah jendela super besar yang seukur dengan sisi dinding rumah tanpa interval dari dinding di beberapa sisi jendela.

Baca Juga:  Desain Dapur Minimalis Sederhana Tapi Elegan!

Umumnya jendela ditaruh tidak hanya pada satu segi dinding saja, tetapi 2 sisi yang berpotongan hingga membentuk pojok atau membuat corner dalam ruangan.