Desain Kanopi Balkon di Rumah dan Tips Membuatnya

Desain Kanopi Balkon – Bagi yang ingin memiliki taman di lantai 2 tanpa takut kehujanan, dapat menutupnya dengan kanopi balkon.

Selain melindungi dari panas dan hujan, kanopi balkon bisa juga mempercantik rumah. Untuk membuat kanopi balkon, tentukan berbagai material seperi baja ringan, kaca, dan besi.

Semua material itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan desain yang dipilih. Nah, Anda yang ingin membuat kanopi balkon, simak kumpulan desainnya berikut yuk.

Desain Kanopi Balkon di Rumah dan Tips Membuatnya

  1. Clean Balcon

Desain Kanopi Balkon

Untuk yang suka dengan gaya minimalis bisa pilih desain kanopi balkon ini, lho! Untuk atapnya, pakai baja ringan, hingga tidak mudah berkarat dan lebih estetik. Untuk bagian depannya, Anda bisa memilih pagar kayu dengan pot gantung sebagai hiasan.

Desain ini cocok untuk yang memiliki balita. Sebab, pagar kayu di depannya dapat menjadi pengaman saat anak-anak sedang main.

  1. Kanopi Teras 2 Lantai

Kanopi balkon 2 lantai dengan perpaduan kayu dan baja ringan, bisa menjadi pilihan yang ingin punyai ruangan terbuka di rumah. Untuk bagian bawah, kita bisa memakai sebagai ruang santai.

Dan bagian atas bisa digunakan sebagai garasi mobil. Desain ini pas dengan lahan rumah yang terbatas khususnya pada bagian outdoor-nya.

  1. Desain Kanopi Kaca

Desain Kanopi Balkon

Desain kanopi balkon kaca menjadi pilihan yang menarik, lho! Untuk rangkanya, tentukan material seperti baja ringan dengan sanggahhannya berupa besi.

Bentuknya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk material penutupnya, pakai kaca tebal atau fiber glass. Pastikan memakai kaca dengan kualitas terbaik, sehingga kanopi balkon akan semakin awet.

  1. Pilar Tembok

Desain kanopi di atas sebagai perpaduan dari material besi dan beton. Penanaman besi di tembok beton, dianggap akan memberi kemampuan penuh pada kanopi. Kanopi balkon dengan desain ini bisa dipakai untuk di teras rumah juga.

Baca Juga:  Desain Kost Minimalis: Fungsional dan Kenyamanan

Walau desain ini terbilang awet, perawatannya harus tetap jadi perhatian dengan baik karena sifat besi yang mudah berkarat.

  1. Kanopi dengan Kaca Es

Desain Kanopi Balkon

Untuk yang ingin memiliki teras yang sejuk dan tetap estetik, dapat memilih desain kanopi dengan kaca es. Desain ini dibikin dengan memadukan besi sebagai kerangka, dan kaca es di atasnya.

Material dari kaca es memberi suasana luar ruang menjadi sejuk karena dapat meredakan pancaran sinar matahari. Untuk desain ini, Anda bisa menggunakannya di lantai atas dan bawah rumah.

 

Tips Membuat Kanopi Balkon

Bagi yang ingin membuat kanopi balkon, bisa memperhatikan beberapa faktor berikut ini. Karena, hal itu memengaruhi keawetan dari kanopi yang telah ada di rumah.

  1. Kerangka Kanopi

Faktor pertama yang perlu diperhatikan saat membangun kanopi di rumah adalah kerangkanya. Pilihlah material yang sama sesuai, sehingga sesuai dengan desain keseluruhan dari rumah.

Jika ingin menggunakan material berupa baja ringan atau aluminium, pastikan rangkanya berbentuk tegak lurus dan sejajar. Ini seharusnya disampaikan semenjak awal karena sangat berpengaruh ke hasil di akhirnya.

  1. Jumlah Kolom Kanopi

Faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan saat membuat kanopi, yakni jumlah kolomnya. Bagian ini penting, karena mempengaruhi desain dan kekuatan dari kanopi tersebut.

Bila ingin memiliki kanopi tanpa cover, pilih jumlah kolom yang tidak banyak. Sebalinya untuk kanopi dengan cover, seperti kaca atau tirai, pilih desain dengan jumah kolom yang lebih besar.

  1. Balok Kanopi

Ukuran dan desain dari kanopi membantu untuk menentukan jumlah balok yang diperlukan, sebagai penyangga. Secara umum, ukuran balok kanopi sekitar 4 × 6 hingga 6 × 10 meter. Tetapi, ukuran ini bisa berbeda sesuai kemauan.

Baca Juga:  Ide Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 7 x 9 Minimalis

Karena saat ini, sudah banyak yang ingin membuat desain sesuai keinginan sendiri. Bila ingin melakukan hal itu, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya.

  1. Flashing

Selain material, ada beberapa faktor yang lain perlu diperhatikan salah satunya ialah flashing. Flashing ditujukan untuk membuat segel kedap air di antara kanopi dan selubung bangunan. Tergantung pada tipe kanopi dan preferensi, ada pilihan flashing standar dan counter flashing.

Bila tidak paham soal ini, jangan sangsi untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Perlu diingat, kanopi balkon digunakan dalam waktu lama dan pastikan harus awet.

  1. Talang Kanopi

Talang di kanopi mempunyai fungsi penting, tapi jangan menghilangkan seni dari desainnya itu sendiri. Saat selokan tidak berfungsi seperti yang dirancang, itu akan menghancurkan kegunaan dari konopi itu.

Jadi , pastikan perancang kanopi di rumah telah mempunyai memilih sistem talang yang tepat. Selain itu, pastikan jika bahan yang dipakai berkualitas tinggi, hingga dapat mengalirkan air dari bangunan.

Itulah kumpulan desain kanopi dari baja ringan, kaca, dan besi dan tips langkah membuatnya. Perlu diingat, sebagus apa pun kanopi itu tidak bermanfaat jika ada salah satunya bagian yang tidak diperhatikan. Jadi, jangan sampai lupa saat membuatnya untuk di rumah, ya!